Minggu, 13 Januari 2013

Mencintai Dengan Sederhana

Aku Ingin-Sapardi Djoko Damono

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada..


 ********************************************************
Ini puisi sederhana dengan makna yang tidak sesederhana penulisannya dan penerapannya sungguh tidak sederhana. Saat ini aku akan membicarakan cinta untuk sepasang manusia, entah sepasang kekasih atau suami istri.  Cinta itu komplek sekali menurutku, untuk bisa menerapkan cinta sederhana seperti puisi diatas, dibutuhkan kedewasaan, jiwa yang lapang dan kesabaran serta keikhlasan yang luar biasa. Itu yang aku tau dan aku rasakan. Cinta  sederhana itu menurutku tidak harus memiliki, tidak harus menuntut, membiarkan pasangan kita melakukan apapun yang dia inginkan. bahkan seorang teman berkata "menurutku mencintai dengan luka sekalipun masih bisa dinikmati, bukankah mencintai adalah memberi tanpa berharap untuk dibalas??"

Mungkin benar apa yang dikatakan, tapi kok rasanya tidak sesederhana itu untuk menerimanya :D. Sebab karakteristik setiap orang berbeda-beda. Ada yang menyebutkan cinta itu egois, cinta itu kejam, cinta itu suci, cinta itu mengasihi dll, artinya penerapan itu bisa dilihat dari latar belakang dan sifat dari si manusianya sendiri serta tidak ada satu orangpun yang bisa merubah karakter pribadi seseorang. Seperti kertas kosong, semua yang kita alami dimasa lampau adalah tinta yang terus menoreh gambar katakteristik pribadi seseorang. Makanya Tuhan menciptakan berbagai macam sifat yang bisa di mix and match kan? Artinya tidak semuanya bisa cocok atau selaras Iya toch? :D

Buatku, CINTA YANG SEDERHANA itu adalah sepasang manusia yang saling mencintai dengan tulus, tidak ada paksaan didalamnya, saling menghargai perasaan masing - masing, bertanggung jawab atas keutuhan hubungan tersebut, saling menjaga nama baik pasangannya, dan saling mengisi satu sama lain. hehehehehe ternyata ga sederhana juga tuh.

Whatever itu, buatku hidup itu sudah sulit, maka temukanlah cinta yang mampu membuatmu merasa bahwa sesulit apapun kehidupanmu nanti, bersamanya akan terasa lebih mudah, sebab kekuatan cinta itu luar biasa ^_^.

 Semua yang aku katakan di tulisan ini adalah pemikiranku, pasti banyak sekali pendapat lain tentang cinta, dan tidak ada yang salah menurutku. Sampai bertemu di penulisanku tentang cinta lain selain untuk kekasih hati :D

Kalau mengutip ucapan om Mario Teguh,
Cinta selalu indah.

Salah memilih kekasih dan salah cara mencintai adalah perusak keindahan cinta.

Maka, jangan salahkan cinta.

Cinta hanya memperlakukanmu seindah pekertimu.
 

 Cheers,

Putri 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar