Rabu, 09 Januari 2013

Sulitnya Mengucapkan Maaf, Terima Kasih dan Tolong adalah bentuk JIWA KERDILMU


Maaf, tolong dan terima kasih adalah tiga buah kata yang sangat sederhana namun sarat akan makna. Ketiga kata tersebut tentunya memiliki jiwa yang positif. Sayang, ketiganya yang begitu simpel dan bahkan bernilai positif ternyata bagi sebagian besar orang sangat sulit untuk diucapkan. Lalu apa sebenarnya yang membuat sebagian orang merasa enggan untuk sekedar mengucapkan maaf, tolong, dan terima kasih?

Maaf
Maaf biasanya akan hadir di saat muncul sebuah kesalahan dalam suatu interaksi manusia. Tak dapat dipungkiri bahwa manusia sangat erat kedudukannya dengan kesalahan. Bahkan bisa dipastikan tak ada satu pun umat manusia di bumi ini yang tidak pernah melakukan kesalahan, termasuk kesalahan terhadap sesama umat manusia. Nah, disinilah peran ‘maaf’ begitu dibutuhkan untuk kembali memperbaiki hubungan antar sesama yang bisa jadi tak baik lagi. Lalu mengapa rasanya sulit sekali mengucapkan kata ‘maaf’ ya?
Jawabannya bisa jadi karena maaf membutuhkan keikhlasan hati dan kelapangan dada bagi siapapun yang ingin mengucapkannya. Disinilah tantangan yang seharusnya bisa kita hadapi. Percayalah bahwa keikhlasan hati dan kelapangan dada yang kita ciptakan untuk sebuah kata ‘maaf’ pasti akan mendatangkan ketenangan jiwa dan raga. Ada juga yang mengatakan bahwa maaf bisa jadi bermakna kelemahan, kekalahan dan ketidakberdayaan. Benarkah begitu? Tentu saja tidak ! Justru orang yang berani meminta maaf adalah orang yang kuat dan mulia.

Tolong
Nah, biasanya kata ‘tolong’ ini sangat sulit diucapkan oleh orang-orang yang berkedudukan tinggi, terutama kepada orang-orang yang berada di ‘bawah’nya. Bisa jadi karena mereka merasa tidak perlu meminta tolong karena memang sudah kewajiban orang-orang di bawahnya untuk melakukan tugasnya. Padahal apa salahnya jika kita sekedar berucap kata ‘tolong’ jika meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita? Karna kedudukan sosial? Ah, ingatlah selalu bahwa dunia ini terus berputar. Tidak selamanya kita akan berada di atas. Kita ini adalah makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi satu sama lain. Itulah sebabnya kita akan selalu membutuhkan pertolongan dari orang lain. Yuk, mulai sekarang jangan lupa mengawali ucapan dengan kata ‘tolong’ setiap kali meminta bantuan ke orang lain ya.

Terima kasih
Terima kasih adalah suatu bentuk penghargaan terhadap segala kebaikan yang dilakukan orang lain kepada kita. Terima kasih juga merupakan sebuah bentuk rasa syukur. Itu sebabnya jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih ya, kepada siapapun, kepada orang tua, teman, supir taksi, tukang bakso. Mendengar ucapan terima kasih pasti akan membuat senang setiap hati yang mendengarkan, karena memang manusia pada dasarnya sangat suka dihargai. Ucapan terima kasih pasti tidak hanya membuat senang siapapun yang mendengarnya, tetapi juga akan menentramkan bathin orang yang mengucapkan. Hubungan yang baik pun akan terjalin dengan tumbuhnya rasa saling menghargai dengan sesama.
Yuk teman-teman, mulai sekarang kita biasakan untuk tidak ragu mengucapkan kata ‘maaf’ ‘tolong’ dan ‘terima kasih’. Ketiga kata ini sungguh luar biasa akan memberikan dampak positif ke dalam kehidupan kita. Dengan sering mengucapkan kata tersebut tentunya akan melatih kita untuk menjadi pribadi yang bijaksana, saling menghargai, tenang, ramah, dan mempunyai keluasan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar