Rabu, 09 Januari 2013

The Importance of Praise, Smile, and Thank (terharu membacanya ^_^ )

Pernahkah kalian mempunyai teman/pacar/saudara/orang tua yang baik hati, senang membantu orang lain, tidak sombong, namun mudah merasa rendah diri?
Tahukah kalian…apa hal yang paling membuat mereka bahagia setelah mereka berusaha membantu/menolong orang-orang yang mereka sayangi dan cintai? imbalan?
BUKAN…bukan itu…mereka melakukannya dengan rasa ikhlas…karena mereka hanya bermaksud membahagiakan orang yang mereka sayangi/cintai..maka ketika orang yang mereka tujukan itu menunjukkan bahwa mereka bahagia, terpuaskan, senang, berterima kasih, atau tersenyum tulus penuh rasa senang/bersyukur/bahagia..maka mereka pun juga merasakan kebahagiaan yang sangat..mereka juga akan merasa sangat dihargai..
Cobalah hal ini jika kalian sangat jarang/tidak pernah berterima kasih ketika Ibumu menyiapkan makanmu atau membantu membangunkanmu pagi-pagi..cobalah…ucapkan “Terima kasih Bunda/Mama/Ibu” dengan nada suara yg penuh ketulusan n rasa terima kasih..
Cobalah tambahkan juga senyum tulus ketika mengatakannya..perhatikan reaksi Ibumu sekecil apapun reaksi yang Beliau tunjukkan…Kalian akan melihat dia merasa senang karena Beliau merasa kalian telah menghargai usahanya…dan apa yang Beliau lakukan itu tidak sia-sia…

Kemudian, saya akan membahas tentang pentingnya memuji orang-orang yang kalian sayangi/cintai…
Saya sangat suka memperhatikan perilaku, sifat, dan ekspresi orang-orang di sekitar saya…Saya memiliki beberapa teman dan orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan saya dimana mereka tipe orang yang suka menolong orang lain, baik hati, namun di balik sikap diam mereka itu..sebetulna mereka memiliki rasa mudah merasa rendah diri yang tinggi…
Saya menyadarinya, ketika saya tidak memakan suatu masakan yang disajikan kepada saya, ia mengira masakannya tidak enak…padahal saya yang memang sedang tidak nafsu makan saja…tahukah kalian apa akibatnya? Ia menjadi mulai minder, kemudian ia berusaha mencari tahu sebanyak-banyaknya info apa makanan yang saya suka dan apa yang kurang dari tiap masakannya…ketika ia sudah merasa sangat lelah melakukan semua usaha itu namun tidak juga membuahkan hasil..Ia marah kepada saya dan mengatakan saya banyak maunya.. (padahal saya tidak pernah meminta.. -_-;; )
Kemudian, saya mencoba memposisikan diri saya jika berada di posisinya…mencoba memahami, sebetulnya apa yang ia rasakan…kemudian saya mulai merasa paham..Sebetulnya, ia marah bukan benar-benar marah yang berarti kesal dengan saya…Namun sebetulnya ia kesal karena ketidak mampuannya untuk membuat saya senang bahkan sedikit saja..
Suatu saat, ketika kami bertemu dalam satu meja makan, saya menyantap masakan yang ia masakkan untuk saya…saya makan 2-3 potong…walaupun sekedar mencicip dan menunjukkan bahwa makanan yang ia masakkan bukanlah tidak enak bagiku, tapi memang saya saja yang sedang kurang nafsu makan…Dengan saya memakan beberapa potong makanan itu, sudah dapat membuat ia mengerti..dan ia pun jadi merasa terhibur dan dihargai usahanya..

Apakah kalian punya pacar/kekasih/teman dekat? 3 hal ini (memuji, tersenyum, dan berterima kasih)  juga berlaku kepada mereka…
Setiap orang pasti ingin jika orang yang paling penting bagi mereka menghargai, menghormati, merasa bahagia, dan merasa terpuaskan ketika bersama-sama dengan mereka…
Ketika pacar kalian memberikan, membantu, atau melakukan sesuatu untuk kalian…jangan pernah lupa…tersenyumlah…ucapkan terima kasih..mereka sudah merasa senang dan dihargai karena itu…
TAPI ada hal yang PALING membahagiakan bagi mereka, serta juga baik bagi perkembangan mental mereka yang mudah merasa rendah diri, untuk lebih menghargai diri mereka sendiri…tahukah kalian…apa itu..?
Jawabannya adalah PUJIAN  (pujian yang positif, bukan bermaksud konotatif yang negatif namun juga tidak hiperbola)
Mereka yang biasanya memiliki sifat mudah merasa rendah diri, biasanya semasa hidupnya..sekarang ataupun di masa lalu..biasanya pernah memiliki kenangan sering direndahkan, diejek, ditindas, atau jarang dihargai atau dihormati oleh orang-orang di sekitarnya…
Kadang mereka yang merasa sebagai orang yang kurang menonjol di lingkungan dimana mereka di besarkan juga dapat menyebabkan mereka memiliki sifat demikian…atau mereka yang semasa hidupnya sering diperbandingkan dengan orang lain yang lebih hebat dari mereka…dalam hal ini, pengaruh didikan serta perhatian keluarganya ketika membesarkan mereka juga memiliki pengaruh yang banyak dalam hal ini sehingga mereka tumbuh semakin pekat memiliki sifat itu..
Jika kalian benar-benar menyayangi atau mencintai seseorang, cobalah membiasakan diri melakukan melakukan 3 hal tersebut: memberikan PUJIAN, SENYUM, dan UCAPAN TERIMA KASIH
Jika kalian benar-benar menyayangi/mencintai seseorang…ketika mereka sampai mengucapkan kata2 yang menunjukkan betapa tidak berharganya/rendahnya kemampuan/tidak berartinya keberadaan mereka itu kepadamu… tentu sakit sekali rasanya melihat hal itu terjadi bukan?
(+) : Perlu kalian perhatikan juga..seberapa banyak kalian memuji kelebihan orang lain..terutama lawan jenis di depan pasangan kalian…bandingkan dengan seberapa banyak kalian pernah memuji pasangan kalian…jika kalian sudah sadar bahwa kalian lebih banyak memuji orang lain dari lawan jenis di depan pasangan kalian atau sama banyak jumlahnya..lebih baik kalian perbanyak jumlah kalian memuji pasangan kalian dan mengurangi jumlah kontak komunikasi dan memuji-muji orang lain dari lawan jenis di depan pasangan kalian…
(+) : Jika pasangan kalian masuk dalam kategaori yang saya jelaskan diatas..kejadian seperti ini bisa menjadi alasan utama dia menjadi sangat minder, mencari-cari apa yang masih kurang darinya, berusaha melakukan segala cara agar mencapai seorang yang perfect dan disukai oleh pasangannya bahkan hingga menyebabkan mental dan fisiknya babak belur atau rusak sampai sedemikian parahnya hingga ia merasa kehilangan dan bingung yang mana jati dirinya…dan hal ini biasanya terjadi pada perempuan sehingga kadang mereka sering jadi korban iklan..hal ini dapat terjadi karena perempuan memiliki perasaan yang peka dan rumit..jika kalian yang membaca ini adalah laki-laki, saya sarankan kalian benar-benar memperhatikan hal tersebut jika kalian benar-benar menyayangi dan mencintai pasangan kalian…
Saya menulis ini agar orang-orang yang saling menyayangi dan mencintai seseorang dapat lebih menyampaikan rasa sayang/cinta mereka kepada pasangannya menjadi lebih baik lagi sehingga lebih banyak lagi pasangan/ikatan pertemanan/persaudaraan yang hidup berdampingan/bersama-sama dalam keharmonisan dan kebahagiaan di sepanjang masa hidupnya..

Semoga tulisanku ini bermanfaat bagi kalian semua…
May God Bless You All…Amin… :3

Sumber : http://whitelily08.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar